Friday, December 17, 2010

technology information semester examination

Mata pelajaran Sains, maupun Sosial tidak pernah ketinggalan untuk menjadi bahan yang diujikan dalam ulangan semster di MAN 3 Malang. Namun, dengan berkembangnya teknologi di era global saat ini, mata pelajaran teknologi pun juga tidak kalah pentingnya untuk menjadi bahan yang diujikan di MAN 3 Malang, sebagai Madrasah yang juga dikatakan MAN Model, yang tentunya tidak ketinggalan dalam hal peradaban teknologi yang semakin berkembang.


Ujian TIK dilaksanakan pada pukul 07.30 sampai dengan 09.00. dan dilanjutkan dengan Ujian Bahasa Indonesia. Soal-soal yang diujikan pada ujian kali ini adalah materi Blogger. Dan untuk soal kali ini, tidak murni dari guru pembimbing mata pelajaran TIK, namun, dicampur dengan soal-soal yang dibuat oleh siswa-siswi kelas XI dari MAN 3 sendiri. Soal-soal yang dibuat oleh siswa-siswi juga merupakan soal yang dapat dikategorikan sulit, dan berbobot.

Sulitnya soal yang dibuat oleh siswa0siswi sendiri yang juga menyulitkan dan menjadikan suasana ulangan TIK tidak se-santai biasanya, seperti saya sendiri, saya sangat kesulitan dalam menyelesaikan soal ujian TIK, karena sebagian soal tidak terdaftar dalam kisi-kisi yang diberikan, dan diluar dugaan, materi blogger yang mendetail juga keluar dalam soal ujian TIK.

Yang menjadi salah satu faktor kesulitan yang dihadapi santri asrama khususnya, ialah, keterbatasan dalam menggunakan fasilitas laptop. Dikarenakan untuk memfokuskan siswa dalam belajar untuk mempersiapkan ujian. Sehingga, santri asrama yang juga menjadi siswa MAN 3, harus pergi warnet untuk mendapatkan materi-materi yang diperkirakan akan ditanyakan dalam soal Ujian.

Namun, kembali kepada soal-soal yang diluar dugaan yang menjadi pertanyaan dalam soal TIK yang membuat siswa-siswi bingung dan dalam bahasa siswa-siswi MAN 3 Malang biasa dikatakan mengarang bebas untuk menjawab soalnya, dan mengandalkan tawakal. Namun ebagian soal tentunya dapat dikerjakan karena sudah dibekali sebelumnya. Ujian TIK kali ini merupakan soal yang tersulit yang pernah didapatkan. Sehingga membuat nilai bertbuntut huruf BT (harus mengikuti remudial).

Hanya sebagai saran, sebaiknya, dalam pemilihan soal yang akan diujikan dalam ujian, dilihat dari kemampuan siswa-siswi. Yang dimaksudkan disini, soal-soal yang sangat mendetail dan sekiranya jarang diketahui atau jauh dari perkiraan atau pemikiran siswa perlu dibekali sebelumnya, agar siswa-siswi tidak merasa bingung karen mereka tidak menduga bahwa soal dengan model seperti ini yang keluar dalam ujian.

0 comment: